024-76638018
Jl.Prof Hamka No. 17
Grand Ngaliyan Square No. 22

10 Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas, Anda Wajib Tahu

27 Oct 2017

Responsive image

VIVA.co.id – Kecelakaan lalu lintas masih banyak terjadi di jalanan di berbagai wilayah Indonesia. Tak hanya sekadar korban luka, kecelakaan lalu lintas pun berisiko mengakibatkan korban meninggal dunia.

Kepala Seksi Kemitraan Sub Direktorat Pendidikan Masyarakat Direktorat Keamanan dan Keselamatan Korp Lalu Lintas Polri AKBP Aldo Siahaan mengatakan, di Indonesia dalam satu jam setidaknya ada tiga kali kecelakaan lalu lintas.

"Di Indonesia tiga orang meninggal dalam satu jam karena kecelakaan lalu lintas. Bisa dihitung kan kalau per hari berapa, Kemudian per minggu, lalu satu bulan berapa," kata Aldo.

Dikatakan Aldo, penyebab kecelakaan di jalan raya di Indonesia pun beragam. Aldo merangkum 10 hal yang kerap menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya, utamanya saat sedang berkendara dengan kendaraan bermotor, seperti berikut:

1. Tidak fokus

Pengemudi yang tidak fokus saat berkendara menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas. Contohnya berkendara telepon, SMS, atau sembari makan dan minum.

2. Ngebut

Saat berkendara terlalu cepat alias ngebut, pengemudi akan sulit akan sulit bereaksi secara cepat dan tepat saat terjadi hal darurat.

3. Berpindah-pindah lajur

Jalan raya sudah dilengkapi dengan berbagai marka dan rambu untuk membantu pengendara. Jika ini tidak diperhatikan, termasuk pindah-pindah lajur, maka kecelakaan bukan hal sulit terjadi.

4. Terobos lampu merah

Meski terlihat sepele, menerobos lampu merah akan membahayakan, bukan hanya diri sendiri tetapi juga pengguna jalan lain.

5. Pengemudi remaja

Remaja umumnya memiliki tingkat emosi yang masih labil. Parahnya ini juga terjadi ketika mereka berkendara.

6. Melawan arus

Melawan arus kerap dilakukan pengendara, khususnya sepeda motor. Padahal ini menimbulkan kerugian mulai dari kemacetan hingga bisa sebabkan kecelakaan.

7. Berbelok tanpa melihat kondisi jalan

Saat berbelok, sudah menjadi kewajiban pengemudi untuk memberi tanda dengan lampu sein kepada pengemudi lain. Jika ini tidak dilakukan, risiko kecelakaan lalu lintas harus siap dihadapi.

8. Di bawah pengaruh alkohol

Berkendara di bawah pengaruh alkohol sangat berbahaya lantaran membuat pengendara susah fokus dan sulit untuk mengontrol laju kendaraannya.

9. Balap liar

Balap jalanan alias balap liar juga menjadi salah satu sebab terjadi kecelakaan, kegiatan ilegal ini bahkan memiliki risiko membunuh pengemudi atau bahkan pengguna jalan lainnya yang tak bersalah.

10. Modifikasi kendaraan

Melakukan ubahan atau modifikasi yang tidak sesuai aturan jelas berpotensi membuat kerja kendaraan tak sesuai fungsinya. Jika sudah begini, risiko terjadi kecelakaan maka akan meningkat.

Berita Lainnya

Menilai karakter orang dari caranya merawat mobil

Wah karakter yang bagaimana ini yang mau dibahas pada artikel hari ini? Polismurah.com coba bahas dulu tentang orang yang mempunyai karakter “Pekerja Keras” ya!…

Read More

3 tips berkendara aman di bulan puasa

Mungkin beberapa orang akan merasakan sedikit perbedaan ketika mengemudi di bulan puasa. Dengan pola tidur yang berubah, asupan makan dan minum yang berubah pula…

Read More

Liburan semakin nyaman dengan Asuransi Perjalanan

Menyenangkan sekali pastinya berlibur bersama keluarga ataupun bersama teman-teman. Untuk mendapatkan moment liburan yang menyenangkan mudah sekali kok! Pastikan kamu sudah memiliki destinasi…

Read More


PARTNER


CONTACT US

Jl.Prof Hamka No. 17
Grand Ngaliyan Square No. 22